STRATEGI PEMASARAN BUKU

BISMILLAH 
Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Ilahi Robbi yang telah melancarkan pelatihan belajar menulis on line ini, yang pada pelatihan sebelumnya berfokus tentang tulis menulis, pengenalan mengenai penerbit Indie dan Mayor & berbagi info kepada rekan-rekan yang lain.

Untuk pelatihan belajar menulis ke depannya akan lebih berfokus lagi kepada cara menulis & memanajemen tulisan di buku serta   agar tulisan kita di terima juga oleh penerbit Indie & Mayor.

Pelatihan sekarang hari senin tanggal 8 februari 2021 yang bertemakan tentang " TEKHNIK MEMASARKAN BUKU ", yang Narasumber pemberi materiya : "Agustinus Subardana " yaitu : Direktur Pemasaran Penerbit Andi.

PT Andi termasuk salah satu penerbit mayor, yang akan di selusuri ilmunya dari Pak Agus adalah : STRATEGI PEMASARAN BUKU DI SAAT PANDEMI.

Data yang di peroleh bahwa di tengah melesunya bisnis di berbagai industri akibat pandemi covid-19, industri penerbitan buku justru bertumbuh.

Penjualan buku di global hingga akhir pekan di bulan juli 2020 (YPTD) mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

 LANTAS BAGAIMANA
 DENGAN INDONESIA  ???

Di ungkapkan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)  Rosidayati Rozalina > seperti yang di ungkap dari situs resmi www.ikapi.org, industri penerbitan nasional terdampak cukup keras dalam terpaan pandemi.
Lantaran tutupnya toko-toko buku, sekolah-sekolah dan pengadaan buku oleh dinas/perpustakaan.

Berdasarkan hasil survei IKAPI, sebanyak 58,2 % penerbit mengeluhkan penjualan yang turun lebih dari 50 %.

Separuhnya penerbit juga menyebutkan merosotnya produktifitas karyawan secara tajam dalam kondisi work from home (WFH) saat ini.

Bahkan sebanyak 60,2 % penerbit menyatakan bahwa mereka hanya sanggup menggaji karyawan selama 3 bulan dan hanya 5 % yang menyatakan sanggup bertahan sampai satu tahun.

Kondisi demikian tidak semua penerbitan buku mengalami penurunan penjualan. Ada sejumlah penerbitan buku di Indonesia justru mengalami pertumbuhan yang signifikan selama pandemi di tahun 2020, di antaranya adalah : Penerbit ANDI OFFSET masih bisa bertahan dan bertumbuh.

Di tahun 2021 ini penerbit Andi akan membuka cabang representative (Stokis) sebanyak 120 titik di kota & kabupaten di Indonesia bertumbuhnya penjualan di kanal online.

Agar tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal, maka di perlukan strategi pemasaran (hampir di pakai oleh semua wirausaha, interpreneur yang menjalankan bisnis), penjualan buku yang sangat banyak di pengaruhi oleh banyak aspek dan unik.

Penerbit ANDI OFFSET mengkategorikan produk buku : 
1. Buku Anak
2. Buku Bisnis
3. Buku Pertanian
4. Buku Fiksi-Novel
5. Buku Pengembangan diri
6. Buku Teks
7. Dll

Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Pemasaran Buku : 
1. Mikro : Perantara, pemasok, pesaing, masyarakat.
2. Makro : Demografi, ekonomi, politik, hukum, teknologi, fisik, sosial budaya.

Penerbit ANDI menjalankan faktor keduanya, karena penerbit ANDI OFFSET sudah termasuk industri penerbitan buku yang usianya sudah mencapai 40 tahun, dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang di kelompokkan menjadi 32 kategori : www.andipublisher.com.

     Strategi Pemasaran Buku 
di petakan menjadi 2 (dua), yaitu : 

1.Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (oneline).
Era pandemi covid-19 --> Interaksi individu yang minim sentuhan fisik ataw lotak, digital marketing, biaya lebih murah, komunikasi lebih mudah karena adanya media sosial, maka akan lebih populer & mudah di evaluasi.
Adanya komunitas --> melalui grup WA pelatihan, penawaran, webinar.

2. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (Off line).
• Pemetaan wilayah kota-kota potensial.
• Melalui Toko buku 127 di Indonesia, non Gramedia & Gramedia
• Distribusi 3 kategori toko buku :  Modern, Semi modern, Tradisional.

Mengembangkan Directselling, beberapa target pasar :
1. Buku pendidikan (Buku mata pelajaran utama, buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP-SMK), buku teks, buku perguruan tinggi untuk semua mata kuliah.
2. Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi dan Umum. 

Dengan pemetaan jenis kategori tersebut akan melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tangga penjual (sales).

Demikianlah strategi pemasaran buku  yang di pakai oleh di PT. ANDI OFFSET.
Dan juga ilmu ini bisa di gunakan untuk pemasaran buku yang kita miliki.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih



Salam Literasi 

Neneng Haryati



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERBITAN BUKU PERTAMA